MAKASSAR, TimurNEWS.com – Universitas Pertahanan (UNHAN) menyediakan program beasiswa S2 untuk studi Ilmu Pertahanan. Bertempat di Gedung Rektorat, lantai 8, Unhas, Brigjen TNI. Efendi Siholik M.Si (Han) selaku Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unhan menyampaikan bahwa perihal ini merupakan kesempatan emas bagi para lulusan strata satu yang ingin melanjutkan studi kepada Prof. Budu selaku Wakil Rektor IV.

Beasiswa : Unhan Sediakan Beasiswa bagi Alumni S1 Unhas.
Beasiswa : Unhan Sediakan Beasiswa bagi Alumni S1 Unhas.

“Yang kita harapkan dari keberadaan universitas dengan berbagai program studi yang menunjang adalah perubahan mindset. Bahwa pengetahuan akan pertahanan negara adalah milik seluruh elemen masyarakat,” Jelas Brigjen TNI. Efendi Siholik M.Si (Han).

Unhan terdiri atas Fakultas Strategi Pertahanan, dan Fakultas Manajemen Pertahanan. Fakultas Strategi Pertahanan didirikan pada tahun 2009 atas dasar perlunya penyiapan para pemimpin/manajer dan analis pertahanan yang berwawasan luas dalam pengambilan keputusan strategis. Fakultas Strategi Pertahanan memiliki delapan program studi. Yaitu, Prodi Strategi Perang Semesta, Strategi dan Kampanye Militer, Studi Peperangan Asimetris, Damai Resolusi dan Konflik, Diplomasi Pertahanan, Strategi Pertahanan Darat, Strategi Pertahanan Laut, Strategi Pertahanan Udara.

Fakultas Manajemen Pertahanan, didirikan juga pada tahun 2009 atas dasar tuntutan perlunya analis pertahanan yang berwawasan luas menghadapi perubahan lingkungan global yangs emakin multipolar. Fakultas Manajemen Pertahananmengelola lima program studi. Yaitu, Manajemen Pertahanan, Ekonomi Pertahanan, Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional, Ketahanan Energi, dan Keamanan Maritim.

Persyaratan umum bagi calon penerima beasiswa Unhan ini adalah Kualifikasi S1 dengan IPK minimal 2.75, Mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran, Legalisir ijazah dan traskrip nilai, Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanayak tiga lembar, Memiliki kondite baik, Berbadan sehat (dengan surat keterangan dokter dari dinas), Mahir menggunakan computer (aplikasi office dan internet), dan lulus ujian seleksi (TPA, TOEFL, dan wawancara).
Keseluruhan program pendaftaran untuk tahun 2015 akan berlangsung pada bulan Februari hingga Juni. Beasiswa yang akan diberikan nantinya akan mencakup fasilitas, akomodasi, seperti asrama, uang saku, dan tidak ada pungutan biaya lain selama melaksanakan masa studi. | Hasmiati Mus.