JAKARTA, TIMURNEWS.COM – Perusahaan media sosial Twitter Inc rencananya akan segera membuka kantor di Indonesia. Kantor ini akan berfungsi sebagai kantor layanan (service).

“Kami ingin menggandeng para mitra untuk memberikan layanan seluasnya kepada pengguna Twitter di Indonesia,” kata Katie Stanton, Vice President of Global Media Twitter, dalam Media Trip beberapa wartawan asal Indonesia ke kantor pusat Twitter di San Francisco, Amerika Serikat (AS), Senin, 6 Oktober atau Selasa waktu Indonesia.

Menurut Katie, kehadiran Twitter di Indonesia dengan mengusung konsep bisnis yang melibatkan dua pihak. Pertama, media massa. Kedua, artis, musisi dan politisi.

media sosial Twitter

Untuk media massa, Twitter menawarkan kerjasama dalam mengelola para pengikut (follower) akun media yang bersangkutan sehingga ujung-ujungnya bisa mendatangkan pemasukan dari sisi finansial (monetisasi).

“Misalnya, kami membantu media agar lebih peduli kepada pembaca atau follower-nya sehingga jumlahnya bertambah banyak,” imbuh Katie.

Selain itu, Twitter menawarkan kerjasama dengan media massa untuk memanfaatkan data atau informasi yang tersebar di media sosial tersebut. Kerjasama itu bisa dalam bentuk penyediaan data analytic atau mengadakan survei dan pooling.

“Saat ini tim kami masih mempersiapkan bentuk kerjasama tersebut,” katanya.

Untuk publik figur, seperti artis dan politisi, Twitter juga menawarkan kerjasama sehingga bisa mendatangkan pendapatan. Wujudnya seperti promosi album baru yang akan dirilis seorang penyanyi.

“Kami sudah bekerjasama dengan Agnes Mo dalam rilis album terbarunya. Sedangkan dengan artis yang lain masih dijajaki,” kata Katie.

Bob Moz, Head of Music Twitter, menimpali, Twitter tengah melirik para penyanyi di Indonesia yang rajin berkicau di media sosial dan memiliki pengikut banyak untuk diajak kerjasama. “Kami akan menghubungi artis itu, manajemennya dan perusahaan rekamannya untuk diajak kerjasama,” katanya.

Bob mengakui, musik merupakan salah satu lahan utama yang digarap Twitter di Indonesia. Pertimbangannya adalah penyanyi asal AS dan Eropa punya banyak pengemar di Indonesia sedangkan penyanyi asal Indonesia juga memiliki peluang go international lantaran penggemar lokalnya cukup banyak.

Di sisi lain, Katie menambahkan, Twitter akan mengaplikasikan layanan teknologi terbaru saat masuk ke Indonesia. Yaitu layanan video berdurasi pendek yang bisa memuat beragam konten. Mulai dari preview film serial televisi, promo lagu, aksi komedi, hingga cuplikan pertandingan olahraga.

“Video singkat 6 detik ini merupakan fitur teknologi terbaru kami,” katanya.

Sekadar informasi, fitur yang dimaksud adalah Vine, layanan video pendek berbagi yang diakuisisi Twitter tahun 2012 lalu. Pada Juni lalu, Twitter juga telah mengakuisisi SnappyTV, layanan mengedit video yang mudah dan cepat.

Sayangnya, Katie masih belum mau menyebutkan waktu detail pembukaan kantor Twitter di Jakarta. Ia hanya memberi ancar-ancar dalam enam bulan ke depan.

Yang jelas, Jakarta bakal menjadi kota ke-31 kantor Twitter di seluruh dunia. Keputusan yang digodok selama lebih dari satu tahun itu berdasarkan pertimbangan jumlah pengguna, potensi pasar atau iklan, dan potensi mitra kerjasamanya.(*/sri)