MAKASSAR, TimurNEWS.com – Memenuhi kebutuhan pelanggang Telkomsel Branch Parepare mengoperasikan empat BTS. Tidak seperti BTS pada umumnya, keempat BTS ini tidak berdiri diatas tower pada umumnya. Seiring adanya pembatasan pendirian menara telekomunikasi, Telkomsel menyiasati perluasan jaringan dan peningkatan kualitas broadband dengan mendirikan BTS kamuflase yang merupakan perangkat BTS yang aktif disematkan pada menara masjid dan beberapa dibangun menara kamuflase yang menyerupai pohon sebagai kamuflase tower sebenarnya.

BTS Kamuflase Telkomsel
BTS Kamuflase Telkomsel

Di jalan Jenderal Sudirman Parepare, masyarakat dapat melihat tiang berdiri yang di hiasi  semacam pohon tapi terlihat seperti ada antena. Setelah dilihat benda tersebut menyerupai pohon berwarna hitam lengkap dengan ranting tapi bagian paling atas terdapat antena. Jika dilihat sekilas memang itu seperti pohon tapi kalau diperhatikan sebenarnya pohon tersebut adalah BTS Kamuflase.

General Manager ICT Regional Sulawesi mengatakan,“Salah satu cara untuk mengantisipasi kurangnya jangkauan jaringan serta penurunan kualitas adalah bersama-sama dengan mitra tower provider membangun BTS Kamuflase. Telkomsel akan memanfaatkan bangunan, atau tiang-tiang tinggi menara masjid yang akan dipasang BTS untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan,dengan demikian Telkomsel tidak perlu lagi membangun tower tinggi khususnya di perkotaan. Dengan harga yang relatif murah mempertimbangkan estitika tatakota Parepare proses pembangunanyapun lebih cepat.”

Branch Parepare dengan cakupan wilayah hingga ke Sorowako telah memiliki lebih dari 1600 BTS dengan komposisi 1.100 BTS 2G dan 500 BTS 3G. Khusus di Parepare, Telkomsel telah memiliki lebih dari 80 BTS yang aktif  beroperasi memberikan jaminan layanan komunikasi bergerak . Dengan luasnya cakupan kerja, Telkomsel akan terus melakukan penambahan jaringan seiring dengan pertumbuhan jumlah pelanggan.Hingga akhir 2014, Telkomsel akan membangun lebih dari 30 BTS hingga ke Sorowako.

Dari sisi peningkatan jumlah pelanggan, hingga kini Telkomsel Branch Parepare telah memiliki lebih dari 2 juta pelanggan, tumbuh sekitar 7 persen dibandingkan dengan September 2013 lalu. Dari sisi pengguna data, Telkomsel telah memiliki lebih dari 1 juta pelanggan, tumbuh sekitar 18 persen dari September 2013. Secara keseluruhan Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan) memiliki 31 juta pelanggan, 15 juta diantaranya adalah pengguna layanan data Telkomsel. | Nina Annisa