Laporan : A. AR. Rakhmansya Iskandar

Satuan Tim Anti Bandit Polres Gowa berhasil meringkus pelaku pencurian sepeda motor Scoopy yang dilaporkan hilang Di Danau Mawang pada Desember 2019 lalu. Pelaku yang selama ini bersembunyi di Jeneponto ditangkap Senin (12/10/2020) malam.

Berdasarkan pengembangan Tim Anti Bandit Polres Gowa, tersangka Pria asal Jeneponto ini mengaku sudah 6 kali mencuri sepeda motor lintas wilayah Sulawesi Selatan. Hal ini di ungkapkan Kasatreskrim Polres Gowa AKP Jufri Natsir saat jumpa Pers di Polres Gowa Jl Syamsuddin Tunru Sabtu (17/10/2020).

Pria bernama Ikbal alias firman alias Rimba alias yayang umur 38 tahun warga Jalan Bonto Kamase Kelurahan Bonto Bontoa Kecamatan Somba Opu mengakhiri pelariannya setelah polisi menangkapnya di kediamannya di Jeneponto.

Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Jufri Natsir mengatakan tersangka merupakan pelaku curanmor 1 unit motor jenis Scoopy yang dilaporkan pemiliknya hilang di daerah Danau Mawang kabupaten Gowa pada Desember 2019 lalu.

“Senin malam lalu kami melakukan penangkapan. yang bersangkutan melakukan pencurian motor pada bulan desember 2019 Di TKP di danau Mawang, mengambil 1 unit motor jenis scoopy dan setelah berhasil bersangkutan melarikan diri ke jeneponto” ungkap Jufri Natsir di hadapan awak media.

Tersangka yang sehari harinya berprofesi sebagai sopir angkutan umum pete pete ini. mengakui perbuatannya telah membawa kabur 1 unit motor jenis Scoopy di Danau Mawang Kabupaten Gowa beberapa waktu lalu dan melarikan diri ke Jeneponto.

Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti berupa 1 unit motor Scoopy yang saat ini diamankan di Polres Gowa Sulsel.

Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Jufri Natsir menambahkan dari hasil pengembangan yang dilakukan terungkap pelaku mengakui sudah 6 kali melakukan curanmor di 4 wilayah berbeda sejak Desember 2019 hingga 2020 yaitu di wilayah Kab. Gowa, Kab. Jeneponto, Kab. Sinjai dan Kota Makassar..

“Di Wilayah polres gowa itu 3 kali yaitu di danau mawang 1 unit motor Scoopy dan 2 motor di Stadion Kalegowa yaitu motor jenis scoopy dan supra x. Di wilayah Kabupaten Sinjai 1 kali berhasil mengambil 1 motor Yamaha soul. Di wilayah Kab. Jeneponto berhasil mengambil 1 motor Mio Soule. Dan terakhir di wilayah Kota Makassar di jalan cendrawasih 1 unit honda supra.

Lebih lanjut Jufri Natsir menerangkan Modus operandi tersangka membawa kabur motor para korban menggunakan Kunci T dan kunci palsu dilakukannya ditempat parkir dan mencuri kunci di dalam rumah disaat pemilik lengah.

Adapun motif tersangka oleh Jufri disebut karena faktor ekonomi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Tersangka mengaku Selama beraksi dibantu rekannya berinisil N Yang kini masih dalam pengejaran pihak polisi. Selain itu polisi juga memburu tersangka lainnya yang diketahui sebagai penadah barang bukti lainnya.

“barang bukti yang sementara saat ini kami sita yaitu 1 unit yamaha soul masih ada. yang lainya itu dilempar ke teman temannya penadah yang sampai saat ini oleh anggota kami masih dalam penyelidikan melakukan pencarian barang bukti yang lainnya.

Akibat perbuatannya tersangka di jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukum 5 tahun penjara.(*)