SINJAI, TimurNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Sinjai memperingati Hari Ulang Tahun Sulawesi Selatan ke 345 tahun 2014 bertempat di Halaman Kantor Bupati Lama, Senin (20/10). Bertindak selaku Pembina upacara adalah Wakil Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar, SE.

SINJAI PERINGATI HUT SULSEL ke 345
SINJAI PERINGATI HUT SULSEL ke 345

Dalam amanatnya membacakan sambutan seragam Gubernur Sulawesi Selatan, Wakil Bupati menyampaikan bahwa peringatan Hari Jadi Sulsel ke-345, mengambil tema memperkuat daya saing dan inovasi menuju kehidupan yang berkualitas. Tema tersebut dipilih karena pemerintah provinsi berupaya meningkatkan daya saing sumber daya alam yang dimiliki dan melakukan inovasi dalam pembangunan di berbagai sektor.

Daya saing Sulsel saat ini berada pada peringkat ke tujuh di Indonesia, dengan empat indikator. Diantaranya, stabilitas ekonomi makro, kondisi keuangan dan bisnis yang baik, kualitas hidup dan pembangunan infrastruktur yang cepat, dan perencanaan pemerintah dan institusi.Pertumbuhan ekonomi Sulsel berada di atas angka 7 persen, dan pertumbuhannya selalu di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Baik impor maupun ekspor, semuanya berakselerasi dan perkembangan ekonomi Sulsel sangat signifikan.Tingkat kemiskinan juga selalu turun tiap tahun. Per Maret 2013 berada di angka 9,54 persen. Prestasi paling membanggakan yang diraih Sulsel adalah Samkarya Nugraha Parasamya Purna Karya Nugraha, merupakan penghargaan tertinggi negara di bidang pemerintahan.

Pemprov Sulsel juga mampu memecahkan rekor sebagai provinsi terbaik pengelolaan keuangan daerah dengan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK sebanyak empat kali berturut-turut. Setelah upacara, berlangsung penyerahan hadiah bagi pemenang lomba Gerak Jalan Indah dalam rangka HUT Sulsel ke 345 tahun 2014.

Bukan hanya itu juga dilakukan penyerahaan hadiah ke Kantor Arsip dan Dokumentasi meraih juara harapan tiga tingkat Sulawesi Selatan. Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi kabupaten Sinjai meraih juara Harapan III dalam lomba Lembaga Kearsipan Teladan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2014.

Penyerahan penghargaan dari Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi kabupaten Sinjai, Drs. Bajuddin kepada Wakil Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar, SE. Sebelumnya, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, MS kepada Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sinjai, bertempat di Hotel Sahid Jaya Makassar, 17 September lalu. | Hasmiati Mus