Laporan : A. AR. Rakhmansya Iskandar

MAKASSAR, TIMURNEWS.COM -Sebanyak 254 Warga Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) menyambut Era Baru Tahun Akademik 2020/2021, secara Virtual di Kampus 1 Jl. Dr Samratulangi Kamis (10/09/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia selama sehari mulai pagi hingga sore hari bertemakan “Mewujudkan Mahasiswa Poltekkesmu Makassar yang Berakhlakul Karimah, Mandiri dan Berintegritas di Era Baru”.

Tahun ini Maba yang terjaring dari 4 Program Studi yang ada di Poltekkes Muhammadiyah Makassar antara lain berasal dari Kalimantan, Sulut, Sulteng, Sulbar, Sulsel NTT, NTB dan Papua. Tampak lewat virtual Maba menggunakan seragam Hitam Putih Jilbab, sementara laki laki menggunakan Kopia Seluruh Maba mengikuti PKKMB sesuai persyaratan panitia dan diselenggarakan secara daring dirumah masing-masing sesuai kebijakan Kemendibud untuk mencegah laju transmisi penyebaran Covid 19 di perguruan tinggi.

Ketua Panitia PKKMB, Soekarman, ST, MT mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dan mengenal lingkungan kampusnya berdasarkan nilai nilai islam kemuhammadiyahan.

“Selain di berikan Materi seputar Akademik dan non Akademik oleh pemateri sesuai bidangnya masing masing peserta juga diajak bermain games” ungkapnya

Acara yang berlangsung secara virtual menggunakan aplikasi Zoom ini dihadiri Ketua BPH Poltekkesmu Makassar, seluruh unsur pimpinan Direktorat dan Prodi Poltekkes Muhammadiyah Makassar, unsur Lembaga, Dosen, tenaga kependidikan dan Unsur Organisasi Mahasiswa IMM, BEM dan UKM

PKKMB TA 2020/2021 dibuka secara resmi oleh Direktur Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar Dr. H. Effendy Rasiyanto, M. Kes. Dalam sambutannya Dr. Effendy menekankan pentingnya Mahasiswa menjaga baik modal sukses yaitu Kemauan, Kemampuan keuangan dan modal Kesehatan selama menempuh proses pendidikan.

“Seluruh sarana prasarana sudah tersedia dengan baik kalau kalian tidak punya kemauan niat, motivasi dan kemampuan disiplin belajar, itu akan menyulitkan menyelesaikan studi termasuk keuangan dan kesehatan sangat menentukan kesuksesan studi kita”, katanya.

Dalam Sesi Materi masing masing Ketua Program Studi memaparkan keunggulan yang dimiliki, termasuk sarana prasarana pembelajaran, kelengkapan Peralatan Praktikum Laboratorium dan prospek kerja lulusan ketika menyelesaikan studinya.

Seluruh Infrastruktur dalam pengelolaan kegiatan akademik dan non akademik Mahasiswa telah disiapkan oleh Tim IT secara Online. Apapun bentuk Aktivitas proses Pembelajaran Mahasiswa dapat dipantau menggunakan Sistem Informasi Akademik.

Rencananya selama masa pendemi seluruh proses pembelajaran Maba TA 2020/2021 secara teori diselenggarakan secara Daring. Seluruh materi, Quis Tugas dan Tatap muka Dosen via video Conference telah disiapkan melalui program Edlink Sevima.

Saat ini Poltekkesmu Makassar yang merupakan amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah mengelola 4 Program studi yang terletak di 3 Kampus berbeda di makassar yaitu Kampus 1 di Jl Dr. Samratulamgi untuk Prodi D3 Sanitasi dan Prodi D3 Teknologi Elektro-medis (TEM), Kampus 2 di Jl Ranggong untuk Prodi D3 Radiologi dan Kampus 3 di jalan Tupai untuk Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM).