laporan : Rusdi

SUNGGUMINASA, TIMURNEWS.COM –  (InfoPAS)- Rehabilitasi Sosial Warga Binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa telah memasuki bulan ke-empat semenjak dibuka Januari lalu. Guna mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19 dalam Lapas, Layanan Konseling Via Online menjadi salah satu alternatif pelaksanaan Rehabilitasi saat ini.

Bekerjasama dengan konselor dari BNNP dan IKAI (Ikatan Konselor Adiksi Indonesia) Warga Binaan yang telah dijadwalkan mengikuti konseling di ruangan kunjungan online memakai aplikasi “Google Duo”, Rabu (01/04).

Menurut Kepala Lapas Narkotika Sungguminasa, Victor Teguh Prihartono mengatakan bahwa dengan maraknya kondisi dan upaya-upaya kita dalam penanggulangan Virus Corona, Lapas Narkotika Sungguminasa telah mengadakan upaya-upaya penanggulangan dan pencegahan sesuai dengan ketentuan.

“Upaya-upaya ini tetap mengedepankan dari sisi bersentuhan dengan teman-teman konselor yang berada diluar sehingga pelaksanaanya kita melakukan konseling secara online”. Terang Kalapas.

Lanjutnya, layanan Konseling Online merupakan terobosan kita dalam antisipasi penanggulangan Covid-19, jadi teman-teman konselor dari luar tetap dapat melakukan konseling tanpa bersentuhan langsung dengan Warga Binaan.

Senada dengan hal tersebut, Program Manajer Rehablitasi, Andi Mappaewa mengungkapkan mekanisme Layanan Konseling online.”Jadi Klien atau warga binaan yang bersangkutan mendaftarkan diri ke Tim
Pokja untuk melakukan Konseling melalui video call, selanjutnya petugas layanan online membantu menghubungkan kepada konselor yang bertugas di Lapas Narkotika yang berada diluar”.Papar Andi Mappaewa.

Dengan layanan konseling online ini diharapkan dapat membantu pencegahan virus Corona ke dalam Lapas dan layanan rehabilitasi sosial Penyalahgunaan Narkotika juga dapat berjalan dengan baik.(*)