Penulis : TEDI HENDRTNO

TAKALAR, TimurNEWS.com — Alam pesisir desa Laikang siang itu cukup terik, namun suasana sejuk tetap terasa dari hembusan angin pantai, di tambah lagi dengan pemandangan nyiur yang mengelayut oleh hembusan angin menjadikan tempat  yang di kenal sabagai salah satu desa nelayan di Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar tersebut layak di sebut sebagai hidden paradise, mungkin itulah yang  banyak  di ungkapkan oleh mereka yang pernah berkunjung ke tempat ini.

Anak anak SD berjibaku mencari Biota laut di wilayah teluk Laikang | TEDI
Anak anak SD berjibaku mencari Biota laut di wilayah teluk Laikang | TEDI

Siang itu,  kami bersama dengan team media sengaja di undang oleh Pusat Pendikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo, pada perayaan hari jadinya yang ke 13. Dengan mengusung tema “Pelestarian teluk Laikang sebagai bagian dari segi tiga Terumbu Karang Dunia”. PPLH Puntondo Kabupaten Takalar  merayakan hari jadinya pada Rabu 15 Oktober 2014. Dalam perayaan ulang tahun kali ini selain tetap dengan  mengedepankan semangat pendidikan di bidang pelesatrian lingkungan pesisir, juga melibatkan masyarakat di desa Laikang ( Lokasi/wilayah PPLH Puntondo ) serta tidak ketinggalan siswa sekolah se-Kabupaten Takalar dalam rangkaian perayaannya.

Hal tersebut seperti yang di ungkapkan Nasrul  Head of Marketing PPLH Puntondo, dalam kutipan wawancaranya mengungkapkan bahwa pada perayaan hari ulang tahun  PPLH ini, manajemen  menggelar kompetisi  bagi siswa SMA, MAN dan SMK  se-Kabupaten Takalar yakni berupa penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan mengangkat isu pelestarian lingkungan pesisir, terutama dengan kaiatannya tentang kondisi perairan di wilayah Kabupaten Takalar.

Secara khusus dan Indonesia pada umumnya, sementara itu untuk tingkat SD, Nasrul juga menambahkan pihaknya menyediakan pertandingan mencari biota laut di pantai pendidikan PPLH Puntondo desa Laikang.

Adapun tujuan dari lomba lomba lomba ini selain sebagai sarana untuk lebih mendekatkan PPLH Puntondo sebagai pusat pendidikan tentang lingkungan hidup di kalangan para siswa, juga di jadikan sebagai instrument bagi kami untuk mengajarkan tentang pentingnya melestarikan wilayah perairan di sekitar kita.

Sementara itu di tempat terpisah, di sela-sela kegiatan kami  melihat panorama alam di lingkungan PPLH Puntondo dan mencoba untuk berinteraksi dengan berbagai aktivitas pada perayaan ulang tahun tersebut, kami juga menyempatkan ngobrol  dengan  Bapak Muhammad Wajib selaku General Manager PPLH Puntondo yang sekaligus penanggung jawab utama pelaksanaan perayaan hari jadi tersebut.

Dalam obrolan ini, dirinya menjelaskan bahwa   “PPLH Puntondo di usia yang ke 13 ini  berusaha untuk tetap fokus pada upaya pendampingan dan pendidikan bagi masyarakat secara lebih luas tentang bagaimana mencintai lingkungan terutama untuk wilayah pesisir, apalagi jika di kaitkan dengan tema kegiatan “Pelestarian Teluk Laikang  Sebagai Bagian  Dari Segi Tiga Terumbu Karang Dunia”.

“Kami ingin lebih berbagi kepada masyarakat betapa pentingnya terumbu karang itu sendiri bagi biota laut maupun bagi manusia,” kata  Nasrul. Sebagaimana diketahui, kata Nasrul, manfaat terumbu karang bagi perkembangan biota laut sungguh memegang peran yang sangat besar, hal ini di karenakan, secara alami, terumbu karang  merupakan tempat hidup dan berkembang biak bagi banyak spesies laut.

Sehingga dengan menjaganya tetap baik maka sama dengan menyelamatkan banyak biota laut dan menjaga nilai ekonomis yang nantinya akan bisa  di manfaatkan oleh masyarakat secara luas.

Selain kegiatan kompetisi untuk siswa sekabuten Takalar, tidak ketinggalan juga manajemen menyediakan kompetisi  bagi para staf PPLH Puntondo, di antaranya adalah lomba memasak makanan ekologi, lomba ini adalah lomba mengkreasikan sajian makanan sehari hari dengan penyajian yang lebih indah dan nikmat namun menggunakan bahan bahan alami tanpa zat zat penyedap buatan.

Dalam perayaan Ulang tahun ke 13 ini, selain di meriahkan oleh kehadiran siswa se Kabupaten Takalar dan masyarakat di sekitar PPLH Puntondo, juga di hadiri oleh  Jajaran  Dinas Pendidikan dan Dinas Kelautan Kabupaten Takalar, Jajaran Komisaris Pabrik Gula Takalar, serta Kepala Kantor Camat Mangarabombang dan aparat desa Laikang. (*)