Laporan : Abu Sahaheen

Prestasi membanggakan ditorehkan oleh santri Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar atas nama Arfan Fauzi dan Nurul Muthiah yang masing-masing berhasil Meraih Emas (Peringkat 7 dari 10 Besar Emas Terbaik) dan Juara Harapan 2 yang mewakili Sulawesi Selatan dalam Grand Final Olimpiade Nasional Bahasa Arab Ke-3 di Jakarta.

Acara yang bertajuk Konferensi Nasional ke 2 dan Grand Final Olimpiade Nasional Bahasa Arab ke 3 ini diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab Se- Indonesia selama tiga hari bertempat di gedung PPPPTK Bahasa Kemendikbud RI, Jakarta 10-12 November 2019.

Kegiatan Olimpiade Nasional Bahasa Arab ini merupakan agenda tahunan, dan tahun ini diikuti sekitar 32 perwakilan Provinsi di seluruh Indonesia. Pondok Pesantren Darul Aman Gombara sendiri berhasil mengirimkan dua utusannya sampai ke tingkat Nasional setelah melalui seleksi di tingkat wilayah.

Selain itu, juga ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya: 1) Pertemuan nasional Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia; 2) Seminar nasional tentang pembelajaran bahasa Arab kontemporer; 3) grand final olimpiade nasional bahasa Arab baik untuk pelajar maupun pendidik bahasa Arab; 4) workshop atau pelatihan peningkatan kompetensi pendidik bahasa Arab; dan 5) berbagai kegiatan pendukung lainnya seperti festival atau pameran budaya Arab.

Ustadz Aminuddin, Lc, LLB, salah satu guru mata pelajaran Bahasa Arab Pondok Pesantren Darul Aman merasa bersyukur dan mengapresiasi kegiatan ini.

“Olimpiade Nasional Bahasa Arab ini Alhamdulillah sangat Luar Biasa memberikan pengalaman berharga kepada peserta santri yang melaju ke tahap grand final di Jakarta tepatnya di p4tk Bahasa kemendikbud. Dan Dua siswa kita alhamdulillah dapat meraih 10 besar.” ujar ustadz yang juga sebagai peserta konferensi dan pendamping lomba.

Pondok Pesantren yang berlokasi di Jalan KH. Abdul Djabbar Ashiry, Sudiang, Kota Makassar ini, memiliki program unggulan yaitu Bahasa (Arab dan Inggris), Tahfidzul Quran, dan Akhlaq.” _(kontributor : abushahen)_