MAKASSAR, TimurNEWS.com – Tiga mahasiswa berprestasi dari Fakultas Pertanian Unhas berhasil meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional dua kali berturut-turut dalam ajang yang berbeda. Kompetisi tersebut adalah 4th Airlangga Ideas Competition dan LKTI LPM Paradigma FITK UIN Sunan Kalijaga. Ketiga mahasiswa ini berasal dari Jurusan Ilmu Agronomi, yakni Sukri, Elda Syakina dan Wahyuddin Abbas.

PRESTASI : Tiga mahasiswa berprestasi dari Fakultas Pertanian Unhas berhasil meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional.
PRESTASI : Tiga mahasiswa berprestasi dari Fakultas Pertanian Unhas berhasil meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional.

Untuk kompetisi yang berlangsung di Surabaya, tim dengan judul penelitian “Beras Analog Labu Kuning sebagai Produk Pangan Sehat Unggulan Sulsel” mampu menyisihkan finalis dari UI, UNDIP, UNIBRAW, UNS, UNY, UNTAN dan UNAIR.
Menurut Sukri sebagai ketua tim, penelitian ini dilatarbelakangi atas kondisi pasar dimana labu seringkali tidak terjual dan akhirnya membusuk. Padahal labu sendiri mengandung banyak vitamin, betakarotin dan mineral lalinnya, yang dianggap berpotensi untuk dijadikan produk pangan sehat. Dari sinilah, tim ini akhirnya berinisiatif menyubstitusi labu dengan bahan-bahan lainnya yang kemudian diolah menjadi beras.

Sedangkan untuk lomba yang berlangsung di Yogyakarta, diwakili oleh Sukri dengan judul penelitian “Pelestarian Kearifan Lokal Berbasis Edutourism Melalui Konsep Blue and Green Science Park”. Sukri mengangkat tema ini karena terinspirasi dari program Presiden Soekarno terkait pengembangan wilayah maritim dan seminar yang diadakan oleh Unhas tentang Science Park. Yang berbeda dari ide Sukri, ia memfokuskan penelitiannya pada potensi Sulawesi Selatan.

Abdul Molla, SP., M.Si., selaku dosen pembimbing dari ketiga mahasiswa ini merasa sangat bangga dengan apa yang telah diraih oleh anak didiknya. “Tentunya sangat bangga bisa membuktikan kepada seluruh Indonesia, kalau mahasiswa Unhas tidak hanya identik dengan demo dan rusuh, mahasiswa Unhas juga bisa berprestasi, mengalahkan universitas-universitas terbaik se-Indonesia,” ujarnya. | Hasmiati