MAKASSAR, TimurNEWS.com – Sebanyak 60 orang yang dibagi dalam tiga kelompok mengikuti pelatihan dan bimbingan di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar, Selasa (16/12).  Masing-masing kelompok terdiri dari 20 orang mengikuti paket perbengkelan, 20 orang mengikuti paket tatarias dan 20 orang mengikuti paket pendidikan.

Mereka yang mengikuti pelatihan berasal dari beberapa wilayah yang ada di Kota Makassar dengan latar belakang, seperti anak jalanan (Anjal), pengemis dan pengamen. Kegiatan yang dilaksanakan Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Makassar tersbut untuk mengurangi anak jalanan di jalan.

Salah seorang pendamping anak jalanan, pengamen dan anak cacata mengatakan, tidak semua anak jalanan dan pengamen berasal dari keluarga miskin, tetapi ada beberapa diantara mereka hanya ikut-ikutan dan ada juga karena tidak mendapatkan perhatian dari orang tua mereka.

Al, yang merupakan pengamen di anjungan pantai losari juga mengikuti bimbingan yang dilaksanakan Dinas Sosial mengatakan pelatihan dan bimbingan yang diberikan sangat bermanfaat bagi dia dan teman-temannya.

“Tidak selamanya kami ngamen,” kata Al. Dengan kegiatan ini, lanjut Al, akan menjadi modal untuk membuka lapangan pekerjaan. “Kami tidak hanya mendapatkan bimbingan dan pelatihan tetapi kami juga diberikan peralatan yang kami butuhkan,”ucap AL.

Adapun Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial H Mas’ud S mengatakan, kegiatan ini telah dilaksanakan beberapakali dengan orang berbeda, setiap kali pelatihan dihadiri 60 peserta. “Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi keberadaan anak jalanan di jalan,” kata Mas’ud. (*)