MAKASSAR, TIMURNEWS.COM

Laporan : A. AR. Rakhmansya Iskandar

– Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar menggelar pertemuan Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru (Maba) TA 2020/2021. Kegiatan dilaksanakan secara virtual tersebut dalam rangka menjalin silaturrahim sekaligus mencegah penyebaran Covid 19 di Kampus 1 Jl. Dr. Samratulangi Makassar, Rabu (09/09/2020).

Sejumlah Orang Tua/Wali Maba mengikuti pertemuan secara daring selama sehari mulai pagi hingga sore menggunakan aplikasi Zoom Meeting yang diselenggarakan panitia. Pertemuan orang tua/wali tahun ini yang biasanya secara tatap muka namun tahun ini dilakukan secara daring oleh panitia
guna menghindari adanya claster baru covid 19 di setiap Perguruan Tinggi sesuai instruksi Kemendibud selama masa pandemi.

Ketua Panitia Soekarman, ST, MT mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturrahim sekaligus membangun komunikasi dan kerjasama yang baik antara pihak orang tua dengan pihak pengelola pendidikan termasuk memberikan gambaran kepada orang tua seputar kegiatan akademik dan non akademik selama mahasiswa menimba ilmu di Poltekkes Muhammadiyah Makassar.

“kita inginkan orang tua paham dan punya gambaran apa saja yang akan dijalani mahasiswa selama pendidikan 3 tahun. Termasuk tentang prospek kerja lulusan kedepannya”, ungkapnya.

Soekarman menambahkan kegiatan ini di ikuti kurang lebih 200 orangtua/wali Mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia meliputi Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, NTB, NTT termasuk Papua.

“Dalam pertemuan juga diberikan penjelasan mengenai Kurikulum, Biaya selama perkuliahan, Sistem Informasi Akademik, Sarana dan prasarana Laboratorium, SDM Dosen serta program Beasiswa” jelasnya.

Sejauh ini peserta didik yang terjaring akan bergabung di 4 prodi yang ada di Poltekkes Muhammadiyah Makassar yaitu Prodi D3 Sanitasi, Prodi D3 Radiologi, Prodi D3 TEM dan Prodi D3 TLM.

Kegiatan Pertemuan Orang Tua Maba TA 2020/2021 dibuka secara resmi oleh Direktur Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar Dr. H. Effendy Rasiyanto, M. Kes.
Turut hadir secara virtual Ketua BPH Poltekkes Muhammadiyah Makassar, Para Wadir 1, 2 dan 3, Ketua Program Studi, Ketua Lembaga, unsur Dosen dan tenaga kependidikan.

Direktur Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar Dr. H. Effendy Rasiyanto, M. Kes dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kepercayaan para orang tua/wali yang memilih putra putrinya bergabung dikampus yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan tersebut. Effendy berharap Peran orang tua bersama pihak lembaga bisa bersinergi dalam penyelesaian pendidikan anak didik tepat pada waktunya.
“kita inginkan ada kerjasama orang tua dengan pihak kampus, kesuksesan anak kita sangat ditentukan sejauhmana bentuk dukungan Kemauan, Kesehatan dan Kemampuan yang dimiliki Mahasiswa dan orangtua”, katanya.

Ketua BPH Poltekkes Muhammadiyah Makassar DR. H. Mustari Bosra, M. Ag dalam sambutannya memaparkan tentang amal usaha persyarikatan Muhammadiyah yang merupakan organisasi terbesar di dunia

“Ada 168 perguruan tinggi dimiliki Persyerikatan Muhammadiyah dan sejauh ini Poltekkes Muhammadiyah Makassar sebelum bergabung 2018 lalu merupakan Akademi Akademi dibawah Persyarikatan amal Usaha Muhammadiyah yaitu Akademi Kesehatan Lingkungan, (Prodi Sanitasi), Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi/ATRO (prodi Radiologi), Akademi Teknik Elektromedik (Prodi TEM) dan Akademi Teknik Laboratorium Medik (Prodi TLM), kedepan kita akan menambah prodi baru dan membuka prodi D4 “, tandasnya.

Sejumlah materi dipaparkan antara lain Materi tentang Bidang Akademik Mahasiswa oleh Wadir I Dr H. Rusman Achmad, M. Kes, dilanjutkan Materi tentang Administrasi Umum dan Keuangan oleh Wadir II St. Fatimang, ST, MT, serta Materi tentang Mahasiwa dan organisasi yang dibawakan oleh Wadir III St. Muttamirah, SKM, M. Kes.

Acara diakhiri dengan perkenalan dan pemaparan seputar program studi oleh para Ketua Program Studi yaitu Ketua Prodi D3 Sanitasi Baharuddin Sunu, SKM, M. Kes, Ketua Prodi D3 Radiologi Indah Musdalifah S. Si, M. Si, Ketua Prodi D3 Teknologi Elektro-medis (Prodi TEM) Ir. Usman, ST, MT, dan Ketua Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis (Prodi TLM), Nurul Ni’ma Azis, S. ST. M. Kes(*)