PANGKEP, TimurNEWS.com – Kondisi wisata alam Pulau Panambungan Kabupaten Pangkep bersinergi dengan program kerja Forum Pemuda Bahari Indonesia (FPBI) wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Hal ini dikatakan bidang lingkungan pariwisata FPBI wilayah Sulsel yang juga putra pesisir pulau Balang lompo, Maskur, saat di temui di Pulau Pannambungan, Senin (27/10).

Pulau Panambungan Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan
Pulau Panambungan Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan

Sejak dikelola pihak Bosowa tahun 2000 lalu obyek wisata ini telah banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan pulau tersebut.

Setelah memasuki tahun 2010, pulau tersebut kurang mendapat perhatian dari pihak pengelola. Padahal, kata Maskur, tempat tersebut sangat berpotensi untul dijadikan objek wisata yang pada nantinya mampu meningkatkan perekonomian pemerintah dan masyarakat sekitar pulau.

Sementara itu, anggota FPBI, Abdul Rajab mengatakan Pembersihan pantai dan perbaikan fasilitas merupakan program kerja rutin. Dan  yang terpenting mensosialisasikan ke masyarakat luas mengenai potensi yang dimiliki Pulau Panambungan.

Pihaknya berharap, pulau ini mampu dikelola semaksimal mungkin seperti sedia kala khususnya pemerintah yang memiliki wewenang penuh sehingga tercipta pulau wisata manca negara.

“Sebagai putra daerah wajib menjaga potensi alam yang dianugrahkan olehnya itu kami akan senantiasa menjaga dan mensosialisasikan potensi yang dimiliki bumi nusantara terkhusus pulau-pulau yang tersebar di Kabupaten Pangkep,”kata Abdul Rajab. | Hasmiati Mus.