Calon Walikota  Makassar UQ di APEC CHILI

 

Laporan : Rusdi

MAKASSAR, TIMURNEWS.COM – Calon walikota Makassar 2020, Dr. Sukriansyah S. Latief, SH. MH (UQ), menjadi salah satu delegasi Indonesia dalam pertemuan APEC CHILE, 2019 di Puerto Varas, Chile, 23/08/2019.
APEC (Asia – Pacific Economic

Cooperation) adalah sebuah organisasi multilateral berupa forum kerjasama ekonomi 21 negara di lingkaran pasifik, didirikan tahun 1989.
Latarbelakang pembentukan APEC tidak lain untuk menjawab tantangan interdependensi ekonomi dan pasar baru bagi produk pertanian (agricultural products) dan bahan mentah di luar eropa.

Tema yang diangkat dalam pertemuan tingkat menteri kali ini menyoal tentang Food Security (Ketahanan Pangan).
Sambutan tertulis Menteri Pertanian yang dibacakan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan, Pak Agung, yang didampingi oleh Sukriansyah S. Latief, menitikberatkan perhatian pada “Sistem Pemenuhan Pangan Berkelanjutan” (The fostering sustainable Food System). Tema ini menjawab pesatnya pertumbuhan penduduk Indonesia dalam 5 dekade terakhir yang diperkirakan bisa mencapai 300 juta jiwa pada tahun 2045.
Untuk mencapai Pemenuhan Pangan Berkelanjutan tersebut,

Pemerintah Indonesia melakukan optimalisasi lahan marginal, baik lahan rawa ataupun lahan tadah hujan, dengan pembangunan infrastruktur irigasi, bendungan/waduk. Pemerintah Indonesia juga melakukan penataan pangan lewat undang-undang, peraturan pemerintah dan keputusan presiden yang melibatkan semua stakeholder.

Pemerintah Indonesia tak luput memperhatikan regenerasi para petani, yaitu menarik minat dan atensi generasi milenial pada sektor pertanian dengan mendirikan Politeknik Pertanian agar kelak generasi milenial ini mampu menjadi “agripreneurs” tangguh, tentu dengan dukungan bantuan finansial dari pemerintah serta penggunaan teknologi pertanian modern.(***)