BPBD Sulsel Bentuk Posko Bencana Alam

MAKASSAR, TimurNEWS.com – Sulawesi Selatan (Sulsel), saat ini telah memasuki musim hujan. Banji, longsor, abrasi dan puting beliung, merupakan bencana yang sering melanda daerah ini. Mengantisipasi bencana tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan, mempersiapkan antisipasi dengan membentuk posko BPBD di 24 kabupaten/kota.

“Selain membentuk BPBD, kami juga telah dibantu Pemerintah Australia dalam pencegahan,” kata Syamsibar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan. Bukan hanya itu, BPBD Sulsel juga telah menjaling kerjasama dengan provider nasional untuk membangung tower agar komunikasi secara nasional maupu regional masih bisa lancar di daerah bencana.

“Kami juga meminta agar BPBD memperkuat koordinasi dengan dinas lainnya. Lembaga kemanusiaan seperti, Palang Merah Indonesia (PMI),” kata Syamsibar.

Adapun daerah yang rawan bencana di Sulsel seperti, banjir dan longsor di Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur, sementara di Kabupaten Sidrap, Bulukumba dan Soppeng merupakan daerah yang berpotensi terjadi puting beliung.
“Kami harap tidak datang bencana, tapi kalau datang kita juga sudah siap,” katanya. | Chank