Laporan : Rusdi

SUNGGUMINASA, TIMURNEWS.COM- Plt Kalapas Narkotika Sungguminasa, Rahnianto menghadiri rapat koordinasi yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Gowa, Rabu, 23/09/20. Kehadiran Plt Kalapas pada rapat koordinasi yang bertempat di Rumah Makan Saung Rindu Alam Samata Gowa ini didampingi oleh Kasi Bimnadik, Sinardi dan Kasubsi Registrasi, Armin Fauzy.

Selain dihadiri langsung oleh Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis dan jajarannya, kegiatan yang didahului dengan makan siang bersama ini turut hadir juga Wakil Kepala Disdukcapil Gowa, ketua Panitia Pemilihan Kec. Pattallassang, Muh Arif dan Kalapas Perempuan Sungguminasa, Eko Suprapti

Kegiatan yang diinisiasi oleh KPU Kab. Gowa dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kabupaten membahas mengenai pemantapan data pemilih bagi warga binaan di Lapas Narkotika Sungguminasa dan Lapas Perempuan Sungguminasa pada Pemilihan Bupati Gowa dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa Tahun 2020.

Menurut Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis menyampaikan bahwa terkait data pemilih di Lapas perlu koordinasi khusus dengan pihak Lapas, karena adanya perubahan jumlah data pemilih yang bersifat fluktuatif pada warga binaan yang mungkin pindah Lapas, meninggal dunia atau sudah bebas dari masa pidananya.

“Selain itu, yang perlu juga diperhatikan yaitu jika ada warga Gowa yang menjadi warga binaan di Lapas kemudian tidak terdaftar di daftar pemilih yang dikeluarkan oleh KPU Gowa maka untuk menyalurkan hak pilihnya harus menunjukkan KTP dan KK yang diterbitkan oleh Disdukcapil Gowa ” .Terang ketua KPU Gowa

Menanggapi hal tersebut, Plt Kalapas berharap agar Lapastika, KPU dan Disdukcapil harus melakukan koordinasi lebih lanjut, agar hak pilih warga binaan tersalurkan dengan baik dengan membantu kelengkapan syarat administratif tersebut sebelum Pilkada Kab.Gowa dilaksanakan pada 09 Desember 2020 nanti.(*)