MAKASSAR, TimurNEWS.com – Untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja para legislator akhir pekan ini Sekretariat DPRD Kota Makassar akan menggelar orentasi bagi 50 anggota dewan di Clarion Hotel, selama tiga hari. Namun kegiatan ini mendapatkan banyak penolakan dari anggota dewan dengan alasan telah mengikuti kegiatan yang sama di partainya.

Anggota DPRD Kota Makassar
Anggota DPRD Kota Makassar

“Namun untuk orientasi, anggota dewan tak akan  mendapatkan uang saku,” kata Kepala Bagian Umum Adwi Awan Umar kepada wartawan. Sekretariat hanya menyiapkan anggaran penginapan dan konsumsi selama kegiatan.

Terkait adanya legislator yang menolak ikut, Adwi  mengaku, sejauh ini baru legislator dari Fraksi Partai Demokrat Agung Wirawan yang menyampaikan tidak akan hadir sebab
sedang melaksanakan ibadah haji.

Usai mengikuti orientasi, legislator  Makassar baru akan mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek). Beda dengan  orientasi, jika anggota dewan mengikuti bimtek maka  dipastikan akan mendapatkan uang saku. “Kalau bimtek tergantung siapa pelaksananya? Biasanya di Jawa. Kalau  bimtek kita tanggung tiket, penginapan, kontribusi, dan ada  uang sakunya,” kata Adwi.

Sekretariat DPRD Marimin Tahir mengatakan, orientasi dan  bimtek digelar untuk meningkatkan kapasitas anggota dewan.  Dengan kegiatan itu, Marimin mengharapkan kinerja legislator  terutama untuk legislasi dan anggaran bisa meningkat di periode ini.

“Ini semua tujuannya untuk peningkatan kapasitas anggota  dewan dan memang ada edaran Kemendagri untuk sekretariat  memfasilitasi pelaksanaan kegiatan orientasi,” kata Marimin.

Ketua Fraksi Partai Hanura Yunus HJ mengatakan, semua  anggota fraksi Hanura akan mengikuti kegiatan itu. Pasalnya, partainya belum menggelar kegiatan orientasi. Apalagi,  kegiatan itu sangat penting bagi mereka yang belum pernah  mengikutinya. “Kami di Fraksi Hanura semua akan ikut karena memang kami di Hanura belum menggelar orientasi,  mengikuti orientasi adalah hak anggota dewan,” katanya.

Saat ini 24 anggota Pansus Tatib DPRD Makassar  masih berada di Jakarta melakukan rapat konsultasi di  Kemendagri. Sebelumnya juga Pansus melakukan  kunjungan kerja di DPRD Surabaya. EKA