MAKASSAR, TimurNEWS.com – Dalam waktu dekat ini, Sulawesi Selatan akan menggelar Celebes Travel Mart (CTM) tepatnya 14-16 November 2014 di Celebes Convention Center (CCC), 15 Negara telah menyatakan kesiapannya meramaikan pameran wisata terbesar di Indonesia timur ini.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan Jufri Rahman Memimpin Rapat Laporan Perkembangan Persiapan CTM di Kantornya Selasa, 11 November 2014
Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan Jufri Rahman Memimpin Rapat Laporan Perkembangan Persiapan CTM di Kantornya Selasa, 11 November 2014

Sedikitnya 50 orang pembeli (buyer) paket wisata telah berada sehari sebelum pembukaan CTM yang rencana akan dilakukan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.  Buyer ini dijadwalkan tiba pada tanggal 13/11 di Sulsel dari Bali, namun kedatangan mereka tidak bersamaan.

Demi kelancaran event internasional ini, Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan selaku penanggungjawab kegiatan, mengumpulkan koordinator-koordinator kegiatan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Selasa (11/11) sore untuk mengetahui laporan terakhir perkembangan persiapan CTM.

Adapun yang dikumpulkan seperti, pihak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI),  Asosiasi Biro Perjalanan dan Wisata Indonesia (ASITA) dan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan CTM.

Pameran yang akan diramaikan sekitar 100 stand dari berbagai bidang seperti, Airlines, Hotel, perbankan, Travel Agent dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) khususnya SKPD yang terkait dengan pariwisata. Selama tiga hari akan membantu Sulsel mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki khusus dunia pariwisata Sulsel.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan Jufri Rahman, mengatakan tujuan dari pameran Celebes Travel Mart untuk mempertemukan buyer dari luar negeri dengan seller yang ada di Sulawesi Selatan. “Kita berharap melalui pameran ini terjadi kontak bisnis antara buyer dan seller,” kata Jufri.

Sebelumnya Ketua Asosiasi Biro Perjalanan dan Wisata Indonesia (ASITA) Sulsel, Didi Leonardo Manaba mengatakan pameran ini, menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha pariwisata untuk mempromosikan dan menawarkan paket wisata yang ada di Sulawesi Selatan kepada kalangan agen travel luar negeri untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Sulawesi.

Menurutnya para buyer ini datang khusus untuk membeli paket-paket perjalanan ke destinasi wisata yang ditawarkan oleh pelaku usaha pariwisata, khususnya di Sulawesi, “Betul-betul kita menjual dan mempromosikan  destinasi wisata yang ada di Sulawesi Selatan, jika
para pelaku usaha dari luar negeri ini tertarik, mereka bisa buat kesepakatan di event ini,” katanya.

Pameran yang akan diselenggarakan  selama tiga hari tentu tidak hanya sebatas memperkenalkan destinasi wisata Sulsel melalui teori-teori tetapi buyer-buyer ini setelah pameran akan diajak jalan-jalan ke destinasi wisata yang ada di Sulsel.  “ Setelah pameran kami akan ajak buyer-buyer ini ke Ramang-Ramang yang ada di Maros atau ke Toraja,” Kata Jufri. | MAPPARENTA